Bukan Literasi Biasa: Kolaborasi Keren Hanya Ada di MTsN 6 Malang

Kabupaten Malang (MTsN 6 Malang)- Kegiatan literasi tidak hanya sekedar membaca, berpikir, dan menulis. Namun, kegiatan literasi juga dapat dilakukan dengan cara menyenangkan. Salah satunya dengan kegiatan GIF (Gerakan Iqro’ Fun) yang dilakukan oleh siswa MTsN 6 Malang.

Siswa tidak hanya sekedar membaca, namun juga belajar berani menyampaikan hasil membacanya di depan publik. Dengan demikian kegiatan GIF tidak hanya membiasakan siswa untuk berliterasi, tetapi juga berlatih public speaking. Kegiatan ini rutin dilakukan siswa dan bapak ibu guru di MTsN 6 Malang setiap kamis pagi.

Kegiatan GIF pada kamis (20/2) pagi ini berlangsung di depan gerbang MTsN 6 Malang. Kelas 9A yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil literasinya. Dengan penuh antusias seluruh siswa beserta Bapak Ibu guru menyimak cerita yang disampaikan oleh kelas 9A.

Hal yang tak kalah lebih seru adalah moment fun quiz. Bukan hanya sekedar tanya-jawab untuk menguji kemampuan menyimak siswa, namun juga memberikan apresiasi pada audiensi dengan cara membagikan hadiah. Bukan hanya siswa yang antusias menjawab. Bapak Ibu guru pun tak kalah semangat untuk menjawab. Salah satu guru yang beruntung mendapatkan hadiah adalah Bu Aida. “Ini adalah hadiah yang tidak akan saya lupakan selama saya hidup. Terima kasih 9A. Sukses selalu” ujar Bu Aida sambil menunjukkan hadiahnya. Keberuntungan juga menghampiri Angger kelas 7B yang mendapatkan uang Rp 50.000 karena berhasil menjawab dengan benar. “GIF nya menyenangkan, menginspirasi, dan memotivasi” ungkap Angger saat diwawancarai seusai kegiatan GIF.

Kegiatan literasi yang terbingkai dalam GIF membawa pesan bahwa menumbuhkan rasa cinta anak pada kegiatan literasi harus diawali dengan kegiatan yang fun (menyenangkan). Bukan hanya sekedar menyenangkan, namun juga harus penuh nilai-nilai pendidikan karakter. Mulai dari menyampaikan cerita penuh nilai moral, belajar public speaking, dan memberikan apresiasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *