MTsN 6 Malang Melawan Penyebaran Virus Corona Melalui Wudhu, Shalat, dan Senam

Berkaitan dengan antisipasi penyebaran virus corona, seluruh siswa dan guru MTsN 6 Malang melakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki gerbang madrasah. Bukan hanya itu saja, semangat melawan penyebaran virus corona juga diperlihatkan melalui gerakan cuci tangan, berwudhu, shalat, berdoa, senam, dan permainan ular tangga yang disebut dengan Free Tangga Corona oleh para siswa MTs Negeri 6 Malang. Kegiatan diawali dengan gerakan cuci tangan bagi siswa yang belum berwudhu. Selanjutnya, siswa berbaris rapi untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan langsung berjalan menuju masjid untuk melaksanakan shalat dhuha berjamaah.

Sebelum melaksanakan shalat dhuha berjamaah, siswa melakukan ‘gerakan wudhu kompak’ yang bertujuan untuk membersihkan virus corona yang mungkin menempel pada tubuh. Rangkaian wudhu dan shalat kompak ditutup dengan doa bersama untuk kesehatan diri, siswa, dan seluruh masyarakat Indonesia. “Ya Allah, jauhkanlah kami dari berbagai penyakit sehingga NKRI sehat, Madrasah sehat” ujar Maulana saat memimpin doa sesudah shalat dhuha.

Selain itu, sebagai langkah antisipasi berikut seluruh siswa dan guru MTsN 6 Malang melakukan Senam Masal Free Corona dan permainan Free Tangga Corona. Senam Masal dilakukan sebagai wujud usaha menjaga kebugaran tubuh agar tak mudah terserang virus. Sedangkan, Free Tangga Corona merupakan permainan edukasi yang dapat menambah wawasan siswa mengenai virus corona.

“Jadi kita tidak hanya konteks doa, tapi ada permainan edukasi. Namanya Free Tangga Corona. Disitu anak-anak diajarkan untuk mencegah virus corona. Seperti kalau di angka 6, mereka harus memperagakan senam tangan sehat. Ini sudah menjadi kultur di MTs Negeri 6 Malang. Artinya apa? Kita sudah tanamkan pola hidup sehat, hanya momentum ini kita manfaatkan agar tidak lengah. Kalau senam mungkin sudah banyak, tapi untuk pendidikan di sekolah seperti ini kan belum ada,” ujar Kepala MTs Negeri 6 Malang, Sutirjo, Kamis (12/3/2020).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *