Best Praktis Pembelajaran Kreatif ‘Teknologi Sederhana Tepat Guna Selama Pandemi di Rumah’, MTsN 6 Malang

MTsN 6 Malang – Dalam upaya memberikan pelayanan pembelajaran daring yang fun dan berbeda, MTsN 6 Malang mengadakan kegiatan pembelajaran tematik. Kegiatan tematik tersebut mengambil tema teknologi sederhana tepat guna dalam pemanfaatan air. Salah satunya, berupa teknologi sederhana dengan memanfaatkan tekanan air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman.

“Sangat menyenangkan karena anak tidak hanya belajar dengan memanfaatkan HP saja. Tapi anak bisa bergerak, berpikir, dan memiliki ilmu yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari” ungkap bunda Anes, saat mendampingi putranya melakukan percobaan. Selain itu, dalam kesempatan yang sama Bu Indah selaku wali siswa dari Nabil juga menyatakan bahwa kegiatan tematik sangat menginspirasi karena mengajak anak untuk praktik secara langsung tidak hanya teori saja.

Selain teknologi sederhana tekanan air, siswa juga membuat alat penyaring air sederhana salah satunya Devi (siswa 9F) untuk menyiram tanaman. Terlihat juga siswa membuat percobaan kapilaritas, salah satunya Kholifatun Nadia (9G). Ada juga siswa yang melakukan percobaan getaran dengan memanfaatkan alat dan bahan sederhana yang ada di rumah. Kegiatan pembelajaran berlangsung menyenangkan seakan-akan pembelajaran laboratorium berpindah tempat ke rumah masing-masing siswa. Bermacam alat dan bahan percobaan terlihat tertata rapi di meja depan siswa. Diantaranya terlihat botol air mineral, sabut, pewarna, beaker glass, gelas ukur, dan benda-benda lainnya.

Bukan hanya itu saja, siswa juga diberikan waktu untuk mendesain ide melalui gambar sederhana sebelum mereka melakukan percobaan. Seluruh siswa antusias mengikuti setiap tahapan percobaan pembuatan teknologi sederhana yang dipandu oleh guru. “Harapannya melalui kegiatan tematik, anak semakin berani, bangkit, dan optimis dalam berbagai siatuasi apapun dengan tetap bergerak antusias untuk melakukan hal bermanfaat melalui pembelajaran fun, happy yang tidak membebani siswa” pungkas Sutirjo, Kepala MTsN 6 Malang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *