MTsN 6 Malang Melakukan Sosialisasi AKSI dan AKM

Dalam upaya untuk menyiapkan diri menghadapi AKM dan AKSI, MTsN 6 Malang mengadakan kegiatan Sosialisasi AKSI dan AKM untuk seluruh guru MTsN 6 Malang (17/9). Kedua program tersebut merupakan program yang sering digaungkan oleh Kemenag dan Kemendikbud dalam upaya untuk memotret kemampuan siswa dan madrasah. AKSI (Aksesmen Kompetensi Siswa Indonesia) merupakan program dari Kemenag, sedangkan AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) merupakan program dari kemendikbud.

Madrasah yang berada di bawah kemendikbud mulai bersiap menghadapi AKSI, begitu juga dengan MTsN 6 Malang. AKSI merupakan asesmen untuk menilai siswa dalam kelas sehingga dapat disebut juga dengan AKM kelas. Dalam wacananya, AKSI dilaksanakan pada tahun 2020 dan dimulai dari kelas 8 dengan harapan pada jenjang kelas 8 madrasah mempunyai kesempatan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan untuk menghadapi AKM di kelas 9.

Berbeda dengan AKM yang meliputi asesmen literasi membaca dan numerik, Asesmen AKSI berupa literasi membaca, numerik, dan literasi sosial budaya. “Pesan kuatnya yaitu melalui asesmen ini kita semua didorong untuk membangun kultur budaya belajar yang dapat menumbuhkan karakter berpikir kritis, literasi, dan memecahkan masalah. Dimana setiap bidang pelajaran harus mampu menumbuhkan karakter 3M (menelisik, menalar, menentukan)” pungkas Sutirjo, Kepala MTsN 6 Malang dalam penutupan kegiatan Sosialisasi AKSI dan AKM.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *