Siswa MTsN 6 Malang Juara 1 Lomba Penelitian Tingkat Nasional

Siswa MTsN 6 Malang berhasil meraih juara 1 lomba penelitian Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) tingkat Nasional tahun 2020. Siswa tersebut adalah Sindy Ika Putri Rahmawati dan Muhammad Ryan’t Dzaifullah Al-Risq, yang telah mampu mengharumkan nama MTsN 6 Malang.

MYRES sendiri merupakan kompetisi penulisan karya ilmiah tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Pada tahun ini terdapat 5500 peserta MYRES dari seluruh Indonesia yang bersaing untuk menjadi yang terbaik tingkat nasional.

Dengan judul penelitian “Pemanfaatan Ampas Tebu Hijau (saccharum officinarum L) dan Serbuk Gergaji sebagai Bahan Peredam Bunyi” Sindy dan Ryant (red.sebutan akrab) berhasil menjadi juara 1 mengalahkan saingannya dari seluruh tanah air. “Dari proposal yang kami kirim, kami harus bersaing dengan kurang lebih 5500 peserta untuk dapat masuk 50 besar dan masuk tahap presentasi proposal” jelas Ryant. Sementara itu, Sindy mengaku tidak menyangka bahwa pada akhirnya dapat masuk 50 besar, 15 besar, bahkan sampai juara 1. “Alhamdulillah, tidak menyangka bisa menjadi juara 1 Tingkat Nasional. Mulai dari tahap presentasi hasil penelitian melalui zoom, penilaian video pada youtube, dan hasil laporan kami lalui semua dengan berusaha menampilkan yang terbaik” ungkap Sindy dengan ekspresi bahagia.

Raihan penghargaan ini didapat, berkat dukungan penuh dari Kepala Madrasah, Dr. Sutirjo, M.Pd, pembimbing Sri Endarwati, M.Pd dan Dwi Rahmahwati, M.Pd beserta guru-guru lainnya. Kepala MTsN 6 Malang Dr.Sutirjo, M.Pd, mengaku bangga kepada siswanya, yang telah meraih prestasi tingkat nasional. “Penghargaan juara 1 MYRES ini merupakan berkah luar biasa atas ikhtiar, kerja keras, dan dedikasi tinggi dari Tim MYRES serta dukungan, doa dari seluruh keluarga besar MTsN 6 Malang. Tentunya sangat bangga dengan keberhasilan Ryant dan Sindy” ungkapnya.

Ryant dan Sindy mengaku tidak menyangka bisa menjadi juara 1 dalam lomba penelitian MYRES ini. Pasalnya, persaingan sangat ketat dari perwakilan seluruh Indonesia. Keberhasilan dalam Lomba Penelitian MYRES ini menambah daftar prestasi yang diperoleh MTsN 6 Malang menjelang penghujung akhir tahun 2020, setelah berhasil mendapatkan penghargaan Kepala Madrsah Inspiratif Tingkat Nasional 2020.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *