Mengajar Harus Punya Passion

Dengan mengambil tema “Menjadi Guru di Abad 21” kegiatan pembinaan inovasi pengembangan pembelajaran MTsN 6 Malang berlangsung penuh keceriaan. Cara penyampaian materi yang menyenangkan namun bermakna oleh Dr.Kastolan, M.Si mampu menghipnotis Bapak Ibu guru untuk mengikuti kegiatan tersebut pada 31 Desember 2020 sampai selesai.

Guru harus banyak improvisasi supaya tidak monoton dan dapat membuka cakrawala berpikir siswa merupakan salah satu kalimat yang disampaikan oleh Dr.Kastolan, M.Si sebagai pembuka diskusi. Selanjutnya, juga disampaikan bahwa guru harus memiliki Passion dalam mengajar. Menggunakan dunia pentas seni sebagai analog, seluruh guru diajak merenung bahwa sama halnya seperti pekerja seni yang memiliki persiapan matang sebelum pentas, maka guru pun juga harus memiliki persiapan yang matang sebelum mengajar. Mulai dari materi, media pembelajaran, dan latihan soal yang bagus.

Menyinggung mengenai latihan soal, tidak luput juga saran mengenai strategi pembelajaran dan bentuk soal yang harus disiapkan oleh guru. Soal harus bersifat divergen membuat anak berpikir kritis, melatih dan meningkatkan kemampuan bekerjasama melalui kegiatan mengamati, melakukan, merefleksi, serta mendiskusikan. Selanjutnya, juga disampaikan mengenai strategi belajar kekinian untuk menarik minat siswa “Siswa zaman sekarang sudah semakin maju pemikirannya, jadi cara mengajar harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman mereka, dunia mereka. Dengan demikian strategi pembelajaran harus berbasis teknologi” ungkap Kastolan dalam penyampaian materi Menjadi Guru yang Istimewa.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *