Sisi Lain Supervisi Daring MTsN 6 Malang

Sebagai kegiatan pengawasan yang mengacu pada unsur pembinaan, MTsN 6 Malang memberikan sisi beda pada kegiatan supervisi di semester genap tahun ini. Kegiatan tersebut mulai dilaksanakan pada pertengahan januari dan berlangsung setiap hari pada semua kelas.

Secara praktis, supervisi yang lebih erat kaitannya dengan penilaian umumnya mendorong guru untuk menampilkan yang terbaik dengan merancang pembelajaran secara detil, beda dari biasanya, memilih kelas tertentu, bahkan tak jarang mengondisikan kelas terlebih dahulu dengan harapan KBM berjalan lancar dan aktif. Mindset guru selaku pendidik terhadap kegiatan supervisi yang seperti itu haruslah diubah. Hal tersebut diungkap oleh Kepala MTsN 6 Malang Dr. Sutirjo, M.Pd kemarin (8/2).

Menurutnya, berbeda dengan tahun sebelumnya Supervisi MTsN 6 Malang mulai saat ini haruslah berfungsi pada pendampingan dalam menemukan-menggali potensi variasi/metode/teknik baru dalam KBM, menggali potensi-respon siswa, menemukan akar masalah KBM, serta menemukan solusi-formula-gagasan-inovasi KBM. Oleh sebab itu, semua pembelajaran diharapkan dapat berjalan alami dalam konteks kinerja profesional. Sehingga terdapat sinergi diskusi yang baik antara guru dan kepala madrasah dalam upaya pendampingan sesuai dengan kondisi kelas yang ada.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *