Media Sosial & Human Tracfiking

Pertemuan pertemuan kali ini mnegambil tema human trafficking/ perdagangan manusia. Pemilihan tema ini tidak lain karena kasus-kasus human trafficking/perdagangan manusia sangat marak terjadi di masyarakat terutama remaja. Materi ini disampaikan secara langsung oleh Ibu Indah selaku guru IPS MTsN 6 Malang, Rabu (28/11).
Human trafficking/perdagangan manusia adalah salah satu kejahatan terbesar yang sudah menyebar ke seluruh belahan dunia. Para korban human trafficking (HT) bisa dari kalangan mana saja, bisa siapa saja. Entah perempuan, laki-laki, anak-anak sampai orang tua bisa menjadi korbannya. Hal yang paling sering dijadikan alasan terjadinya HT adalah masalah ekonomi. Traffickers (pelaku HT) bisa dari mana saja, bahkan orang tua dan orang-orang terdekat pun bisa menjadi pelaku hanya untuk mendapatkan uang (kebutuhan hidup).
Para traffickers (Para pelaku human trafficking) biasanya mencari mangsanya melalui media sosial. Hal inilah yang membuat para remaja sangat rentan terhadap kasus-kasus ini. “Proses yang paling sederhana diawali dengan perkenalan di jejaring sosial, lalu bertemu dan kemudian terjadilah kejahatan ini,” ujar Ibu Indah sembari memperlihatkan gambar siswa yg terkena human trafficking. Dengan adanya materi ini setidaknya dapat menambah wawasan siswa tentang bahaya, tindakan pencegahan, maupun cara-cara menghindari pergaulan yang tidak benar(dr).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *