Motivasiku, Penggerak Dayaku.

  • WhatsApp Image 2019-01-28 at 15.28.49

Setiap hari senin, disetiap lembaga pendidikan terutama sekolah dilaksanakan kegiatan upacara bendera pagi hari sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Termasuk di MTsN 6 Malang, upacara bendera sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari senin.

Secara umum upacara bendera hari senin di MTsN 6 Malang tidaklah jauh berbeda dengan di tempat lainnya. Namun mungkin baru di MTsN 6 Malang ini siswa-siswi dijadikan co-pembina untuk menyampaikan amanat pembina upacara.  Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhan jiwa leadership siswa, dan berani berbicara di depan umum. Kali ini co-pembina disampaikan oleh Nur Syafiatus Zuhri dari kelas 8A. Syafia ini merupakan siswa berprestasi terutama dalam bidang Pidato Bahasa Indonesia.

“Motivasi diartikan sebagai daya penggerak di dalam diri seseorang untuk berbuat sendiri. Motivasi ini sangat penting dalam memasok daya (energizer) untuk bertingkah laku secara terarah,”. Ujar Nur Syafiatus di depan Lapangan.

Lebih lanjut Syafiatus menjelaskan bahwa motivasi pada diri seseorang dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu motivasi yang didasarkan ketakutan, motivasi yang didasarkan keinginan untuk mencapai sesuatu, dan yang terakhir motivasi yang didorong oleh keinginan dari dalam diri. Beberapa cara menumbuhkan motivasi bisa dimulai dengan menentukan tujuan (goal setting), lalu menyusun target, belajar menggunakan bahasa prestasi (yg positif), dan terakhir selalu cermat dalam menganalisis diri.

Selain pemaparan dari Ananda Syafiatus, upacara kali ini diakhiri dengan apreasiasi perilaku terpuji yang dilakukan oleh siswa siswi MTsN 6 Malang. Apresiasi ini diberikan kepada Ananda Rika Mayari kelas 7D yang telah bersikap jujur ketika menemukan uang pada saat kegiatan PORSENI sekolah dan diserahkan kepada Bapak dan Ibu guru. Apresiasi ini ditujukan agar menjadi contoh yang baik bagi seluruh warga MTsN 6 Malang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *