Pemilihan Ketua OSIS Rasa Pemilu

  • hjkkk

Ada yang unik dalam pelaksanaan pemilihan ketua OSIS MTsN 6 Malang, pasalnya pemilihan ketua OSIS ini begitu demokratis dan layaknya sebuah pemilihan umum daerah. Sebelum jadwal pemilihan ini para kandidat telah melakukan kampanye menyampaikan visi dan misi mereka tentang kepengurusan OSIS kedepannya. Semua warga sekolah termasuk siswa kelas 7, 8, dan 9 beserta bapak dan ibu guru menjadi calon pemilih wajib.
Pada hari ini Senin (17/9) pemilihan ketua OSIS dihelat di halaman sekolah MTsN 6 Malang. Pemilihan ini menghadirkan empat kandidat pasangan calon ketua dan wakil ketua. Pasangan nomor urut satu Arya Lambang S.(8F) dengan Rika Mayari (7D). Pasangan nomor urut dua M. Radinal Karim (8B) dengan Rona Jannatun A. (7C). Pasangan nomor urut 3 Febrian Agit Saputra (8D) dengan Ilmi Amalina A. (7A). Pasangan terakhir nomor urut 4 Nur Syafiatus Z. (8A) dengan Fadli Ibnu K.A (7B).
Proses pemilihan ketua OSIS ini benar-benar dikonsep layaknya pemilu dengan tiga bilik pemungutan suara, kotak pemungutan suara, kertas suara berisi daftar calon, dan tinta celup sebagai tanda telah memilih. Proses pemilihan dimulai dari pengambilan kertas suara pada pintu masuk TPS, kemudian melakukan pencoblosan pada bilik yang disediakan. Proses selanjutnya kertas suara akan dimasukkan dalam kotak suara dan pencelupan tangan dengan tinta sebagai tanda sudah memilih.
“Menurut saya model pemilihan seperti ini sangat bagus, karena negara kita kan juga setiap 5 tahun sekali melaksanakan pemilu. Saya yakin jika dibina sejak dini akan memberikan pelajaran bagi kami para siswa untuk berdemokrasi”. Ujar salahsatu murid.
Proses penghitungan suara dilakukan secara langsung setalah proses pencoblosan disaksikan oleh guru dan anggota OSIS lama. Pasangan calon nomor urut satu Arya Lambang S. (8F) dan Rika Mayari (7D) memenangkan suara terbanyak dengan total 238 dari total 732 kertas suara. Dengan terpilihnya ketua OSIS periode 2018-2019 ini diharapkan dapat mengembang tugas-tugasnya dengan baik (dr.)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *