Profile

Madrasah Tsanawiyah Negeri Kepanjen merupakan satu-satunya MTs Negeri yang terakreditasi A di Kepanjen yang terletak di desa sukoraharjo, tepatnya di Jl. Raya Sukoraharjo No. 36 Kepanjen Malang dengan luas tanah 5314 m2. Madrasah ini dibangun pada tanggal 8 April 1984 oleh beberapa pihak, salah satunya Moh. Tayib. BA selaku kepala desa sukoraharjo pada saat itu, dan berkat dukungan dari berbagai kalangan masyarakat baik secara moril maupun spiritual.
Sejak 1986 madrasah berubah statusnya menjadi MTs Fillial dengan SK Menteri Agama Nomor 02/E/1986 (06-01-1986) yang berdiri dibawah naungan MTs Negeri 1 Malang. Setelah melewati beberapa proses yang cukup lama, turunlah SK Menteri Agama Nomor 515 A tahun 1995 dan Nomor 02/E/1986 sehingga Madrasah ini berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri Kepanjen. Sehingga sejak saat itu MTs Negeri Kepanjen tidak bernaung lagi dibawah MTs Negeri 1 Malang akan tetapi diatur oleh negara karena dengan berubahnya sekolah ini menjadi sekolah negeri, maka semua yang ada di madrasah ini merupakan milik negara layaknya sekolah negeri lainnya.
Selanjutnya MTsN Kepanjen terus menerus melakukan inovasi-inovasi untuk menjaga mutu. Hal tersebut dilakukan oleh seluruh tenaga kependidikan yang ada sekaligus untuk menambah wadah bagi pengembangan kelebihan-kelebihan khusus yang dimiliki siswa.

Sejak terbitnya Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : 675 Tahun 2016, Tanggal 17 November 2016, Tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Ibtidaiyah Di Propinsi Jawa Timur, Maka Nama MTsN Kepanjen berubah menjadi MTsN 6 Malang.

Kemajuan dan berbagai penghargaan yang diterima MTsN 6 Malang Kab. Malang tidak lepas dari peran serta seluruh tenaga kependidikan yang ada di Madrasah di bawah kepemimpinan Kepala Madrasah. Sejak berdiri, MTsN 6 Malang telah mengalami beberapa pergantian Kepala Madrasah yaitu :

  1. Drs. H. Amrun, M.Ag
  2. Drs. Khairul Anam, M.Ag
  3. Drs. H. Nasrulloh, M.Pd.I
  4. Dr. Sutirjo, M.Pd

Kepemimpinan Kepala Madrasah Dr. Sutirjo, M.Pd membawa banyak perubahan dan kemajuan yang signifikan bagi dunia pendidikan khusunya di MTsN 6 Malang. Dimulai dengan program revolusi mental yang telah sukses merubah semua mental guru dan karyawan madrasah. Hal ini tentu membawa dampak yang positif bagi kemajuan MTsN 6 Malang, kemajuan yang telah dicapai meliputi semua lini baik sarana, humas, dan kesiswaan. Selain itu, MTsN 6 Malang adalah merupakan satu-satunya MTsN di Kabupaten Malang yang telah berhasil menyabet piagam Adiwiyita tingkat nasional.