Sosialisasi Program Madrasah Pererat Silahturahmi Guru dengan Wali Siswa

  • mtsn 6 malang silaturhami

Selain menjadi sarana pengumuman hasil seleksi penerimaan siswa baru, sosialisasi program madrasah juga mempunyai tujuan sebagai sarana mempererat tali silaturahmi keluarga besar MTsN 6 Malang dengan wali siswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu 15 Maret 2020 dan menjadi sarana sosialisasi berbagai program yang diselenggarakan oleh madrasah.

Kepala Madrasah MTsN 6 Malang Bapak Sutirjo dalam sambutannya menyampaikan bahwa MTsN 6 Malang memiliki berbagai program unggulan yang mendukung keterampilan siswa baik dibidang akademik maupun non akademik. Bukan hanya mendukung, memfasilitasi dan mendorong keterampilan siswa saja, namun juga memperhatikan kualitas pendidik. “Kami memilik program-program yang dapat mendorong dan menyiapkan siswa untuk terampil dan siap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bukan hanya siswa, guru pun juga selalu kami dorong untuk melanjutkan S2 maupun S3. Jadi, tidak berhenti di S1 saja.” ujar Kepala Madrasah ditengah penjelasannya mengenai program-program sekolah.

Bukan hanya sekedar membahas mengenai program-program unggulan MTsN 6 Malang, namun Kepala Madrasah juga menjelaskan mengenai program Madrasah Ramah Anak. Dimana madrasah menjadi tempat untuk mendidik serta membangun karakter siswa, sehingga madrasah tidak memberikan hukuman bagi siswa yang melanggar peraturan. Madrasah menyediakan menu kebaikan untuk membentuk karakter siswa. “Siswa salah, siswa tidak taat pada aturan sudah tidak lagi diberikan hukuman atau dimarahi. Namun, siswa diberikan Menu Kebaikan. Siswa bisa memilih menu-menu kebaikan sendiri sesuai dengan kesalahan yang diperbuat. Mulai dari menghafal asmaul husna, shalawat nariyah, surat pendek, dan masih banyak lagi. Terakhir siswa diberikan menu membersihkan kamar kecil. Jadi, siswa salah dan kita mengarahkan siswa untuk mengganti kesalahannya dengan hal-hal yang baik dan bernilai pahala.” jelas Bapak Sutirjo. Dukungan tersebut salah satunya dibuktikan dengan membagikan gratis dana investasi kepada siswa baru yang berprestasi.

Dalam kegiatan tersebut seluruh wakil kepala mulai dari bidang kesiswaan, kurikulum, humas, sarpras, dan komite memberikan penjelasan masing-masing. Dengan penyampaikan program dari semua bidang, diharapkan kedepannya ada sinergi antara madrasah dengan wali siswa. Sehingga terdapat keterbukaan dan saling mendukung.

Hal yang tak kalah menarik adalah wali murid belajar hidup sehat. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara cuci tangan sebelum masuk gerbang madrasah. Bahkan terlihat wali murid yang menggendong balitanya untuk cuci tangan. Hal tersebut bertujuan untuk membangun kerjasama dalam melawan penyebaran virus corona yaitu dengan pembiasaan rajin cuci tangan baik guru, siswa, dan wali murid. Dengan adanya pertemuan seperti ini diharapkan terjalin silaturahmi yang baik antara madrasah dengan wali siswa dan kerjasama dalam meningkatkan keterampilan serta kewaspadaan dini terhadap penyebaran virus corona.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *