Waspada, Saus Murah Berbahaya

  • 3444
  • kuy

Jika kita cermati, saus yang disediakan di warung jajanan atau bahkan kantin sekolah memang memiliki rasa yang enak. Banyak orang dengan sengaja menambahkan saus dalam jumlah banyak pada makanannya. Padahal, menurut pakar kesehatan, saus ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh jika kerap dikonsumsi. Sebab, bisa saja dalam proses pembuatannya produsen menggunakan esens rasa tomat atau cabai serta pewarna buatan yang berbahaya untuk tubuh.

Dalam kegiatan keputrian yang dilaksanakan Rabu (30/10) Bu Dwi Rahmawati selaku guru Biologi menunjukkan pada siswa cara menguji pewarna makanan menggunakan detergen. Berbekal peralatan praktikum, detergen, dan beberapa sampel saus tomat yang biasa digunakan pada jajanan kaki lima. Bu Dwi menunjukkan bagaimana cara membedakan saus dengan pewarna alami dan buatan dilihat dari perubahan warna setelah dicampur larutan detergen. Dalam penjelasannya Bu Dwi juga menambahkan “Uji sederhana ini hanya dapat digunakan untuk sekedar menguji penggunaan pewarna buatan pada saus tomat. Namun, tidak dapat digunakan untuk menguji kandungan berbahaya apa saja yang terdapat di dalamnya” ujar beliau. Dari hasil uji sederhana tersebut, ternyata saus yang biasa digunakan pada jajanan kaki lima dapat dipastikan menggunakan pewarna buatan.

Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan berhati-hati dalam mencampurkan saus pada makanan, khususnya jika sedang makan di luar rumah. Pastikan bahwa saus yang dikonsumsi adalah saus dengan berkualitas baik dan bebas dari bahan kimia berbahaya. (Ly)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *